3 Hal Terbesar Penghasil Kepribadian Anda

Banyak orang terkadang tidak puas dengan kepribadian yang dimilikinya sekarang, ia ingin menjadi pribadi yang lain, mungkin ingin menjadi pribadi yang lebih rajin, pribadi yang lebih jujur, pribadi yang lebih kreatif. Ia mungkin punya idola seorang tokoh yang berhasil luar biasa, seorang manusia unggul, excellent person. Dan ia ingin menjadi seperti orang tersebut, ia ingin rajin, ia ingin bekerja keras, ia ingin penuh inspirasi seperti idolanya. Namun yang ia temui dalam dirinya adalah, seorang yang terkadang rajin terkadang tidak, terkadang jujur namun lebih banyak tidak jujurnya, sesaat penuh inspirasi tapi lebih banyak bengong dan putus asa.

Orang seperti ini, mungkin penuh perjuangan untuk mengalahkan pribadinya sendiri, dan akhirnya ketika tiba pada masa putus asa, karena tidak pernah menjadi pribadi yang seperti diinginkannya, maka kali ini ia akan sibuk, sibuk mencari apa yang harus dipersalahkan atau siapa yang harus dikambinghitamkan. Alangkah mengenaskan nasib orang seperti itu.

Sesungguhnya ada 3 hal yang paling dominan dalam membentuk sebuah kepribadian seseorang, ya, termasuk pribadi ANDA! Yuk, lanjut baca..

Keluarga

Saya membaca sebuah buku, di sana dituliskan mengenai apa yang terjadi di Texas, salah satu daerah di Amerika Serikat. Dikatakan bahwa pada tahun 1995 di Texas hanya ada 12 penjara, dan pada tahun 2005 terdapat 140 penjara, dan pemerintah daerah tersebut masih berencana untuk membangun penjara lebih banyak lagi.

Apa yang terjadi dengan Texas? Setelah dilakukan sebuah penyelidikan, ditemukan bahwa 85% tahanan di Texas memiliki orang tua, keluarga atau kerabat yang pernah masuk penjara! Apa yang Anda terima dalam keluarga, termasuk nilai-nilainya, sedikit atau banyak akan mempengaruhi kehidupan Anda.

Tapi jangan pernah menyalahkan keluarga Anda terhadap apa yang buruk yang terjadi dalam hidup Anda! Sebab masih ada hal lainnya yang telah membentuk pribadi Anda.

Teman

Pertemanan atau persahabatan adalah hal kedua terbesar yang membentuk pribadimu.

Saya masih ingat bagaimana teman saya memberikan pengaruh baik kepada saya. Saya orang yang sejak anak-anak suka baca komik, namun di masa usia belasan tahun kira kira kelas 2 smp  seorang teman mengajak saya ke sebuah toko buku, ia membeli buku bermanfaat dan ia juga memperkenalkan buku-buku yang baik kepada saya. Sejak saat itu hobi baca bukunya menulari saya, bahkan akhirnya saya lebih rajin ke toko buku dari teman saya itu.

PIKIRAN KITA

ini adalah hal terbesar penghasil kepribadian kita. bagaimana seseorang akan berubah kalo dia sendiri tidak pernah mau mengalami perubahan itu? Atau apakah anda sudah siap mengalami perubahan itu? seseorang yang mempunyai kepribadian yang kuat, mereka mempunyai prinsip hidup yang kuat.. tapi pertanyaannya, apakah prinsip hidup kita itu baik untuk masa depan kita atau tidak? atau apakah prinsip hidup saya ini akan berdampak baik pada lingkungan dan kehidupan saya?

mari kita lanjut ke bagian berikutnya dari postingan  saya ini:

prinsip adalah suatu pemikiran yang dihasilkan oleh pikiran kita (bukan pikiran orang lain) yang kemudian kita jadikan sebagai cara hidup kita. apakah yang membuat Abraham lincoln dipilih menjadi seorang presiden USA walaupun dia ditimpa berbagai masalah dalam hidupnya sebelum menjadi presiden? keluarganya gagal, karir nya gagal, tetapi dia tetap mempertahankan prinsip dalam hidupnya sehingga dia dipilih menjadi seorang presiden.

saya mempunyai ilustrasi tentang orang yang hidupnya mempunyai prinsip dan berhasil karena prinsip hidupnya.

sebut saja Joko. dia adalah seorang taxi driver/ sopir taxi  yang mempunyai prinsip hidup yakni “orang sukses adalah orang selalu bersyukur”. dengan prinsip hidup yang seperti itu joko menjalani hidupnya. setiap ada pelanggan datang dan menaiki taksinya, dia selalu tersenyum dan terlihat bahagia karena dia mensyukuri hidupnya. , pada suatu hari, dia sedang berada di depan sebuah bandara karena dia ada order untuk menjemput seseorang di sana.. seperti biasa dia menyambut pelanggannya dengan tersenyum sepenuh hati dan penuh ucapan syukur. di dalam mobil pengguna jasa taxi itu sebut saja pak Erik berbicara kepada joko

Erik: kenapa anda begitu gembira pak?apa anda mendapat gaji yang layak karena menjemput saya?

joko: tidak pak.. (sambil tetap tersenyum)

Erik: lalu kenapa pak ?

joko: saya hanya bersyukur sama Tuhan, pak, Dia begitu baik. Dia selalu memberi saya pekerjaan,, saya selalu mengucapsyukur kepada-NYA makanya saya selalu tersenyum pak..

erik: ow, (didalam hatinya, erik yang juga seseorang yang mempunyai perusahaan batu bara itu berpikir dia hanya seorang sopir taxi, tetapi dia sangat mensyukuri apa yang ada dalam hidupnya)

joko: ya memang saya seorang sopir taxi pak, tapi apa bedanya seorang sopir taxi dengan seorang yang sukses?

erik: (sambil terkagum) loh…

joko: kenapa bapak?

erik: emm. tidak papa .. siapa namamu?

joko: joko setyono pak, panggil saja joko..

erik: oke joko, tepikan taxi sebentar!

joko: siap pak!

erik: joko, kamu mau bekerja sama saya?

joko: kerja apa pak?

erik: kerja apa aja jok, yang penting halal.. mau tidak? (sambil tersenyum)

joko: tapi pak..

erik: (menyela) ini kartu nama saya, hubungi saya kalau kamu sudah siap kerja

sesudah itu erik pergi meninggalkan joko dan pada saat itu pula joko baru sadar bahwa dia sedang berbicara dengan orang terkaya di Surabaya saat itu.. besoknya joko langsung pergi ke rumah Erik. dengan senang hati, erik yang juga pengusaha itu langsung menerimanya bekerja. awalnya hanya sebagai sopir pribadi erik. tetapi 3 bulan kemudian erik mengangkatnya sebagai kepala transportasi kontraktor di perusahaan batu baranya karena pekerjaannya yang selalu jujur, penuh sukacita, dan ramah terhadap orang-orang.

dari kisah ini kita tahu betapa beruntungnya orang-orang yang selalu bersyukur atas hidupnya.. KITA SERING IRI TERHADAP ORANG KARENA KESUKSESANNYA, TETAPI KITA TIDAK IRI DENGAN PROSESNYA.

di dalam hidup ini setiap orang yang tidak punya prinsip dalam hidupnya akan menjadi orang orang yang mudah terombang-ambing .. orang yang mudah terombang-ambing berarti orang-orang yang tidak punya KEPRIBADIAN. benarkan?

sejauh mana kita berpikir tentang prinsip hidup kita?

sejauh mana kita bisa mempertahankan prinsip hidup kita?

sejauh mana kita bisa berhenti berbicara saja dan mulai melakukan?

itu semua sejauh cara anda berpikir!

so, let’s start here!

YAA, kita sudah tahu bukan hal-hal terbesar penghasil kepribadian kita? OKE, ini saatnya kita bergerak.. lakukan yang terbaik!

Be confidence! Be courageous!

BYEEE

1 Comment

Tinggalkan Balasan

